Jumat, 05 November 2021

BEST PRACTICE PEMANFAATAN FITUR SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA


   BEST PRATICE PEMANFAATAN FITUR SUMBER BELAJAR

PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Dian Purnama Sari, S.Pd.

SRB Provinsi Lampung 2021

  

A.  Tujuan dan Sasaran

Tujuan Best practice ini adalah menjelaskan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Fitur Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Model pembelajaran yang digunakan Problem Based Learning

Sasaran best pratice adalah siswa kelas V Al Qahhar di SDS Soekarno Hatta Kotabumi yang terdiri sebanyak 13 siswa.

 

B.  Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Tempat dilaksanakan best practice ini yaitu di sekolah dengan jumlah siswa 50 % dari kelas normal, karena melalui pembelajaran tatap muka. Best practice dilaksanakan pada bulan 05 November 2021.

 

C.  Alat dan Instrumen Penilaian

Media pembelajaran yang digunakan dalam best practice ini yaitu video pembelajaran melalui Fitur Sumber Belajar dalam Portal Rumah Belajar.

Alat yang digunakan adalah handphone.

Instrumen yang digunakan dalam best practice terdapat tiga istrumen penilaian yaitu

(a) Instrumen Afektif, untuk mengamati proses pembelajaran  berupa lembar observasi,

(b)Instrumen Kognitif, untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan tes uraian,

(c) Instrument Psikomotort yaitu penilaian keterampilan siswa melakukan eksperimen.

 D.    Pelaksanaan Best Practice

Berikut ini langkah-langkah pelaksanaan best practice yang telah dilakukan.

1.       Menyiapkan RPP dengan Model Problem Based Learning

Pada penerapan pembelajaran dalam tatap muka yerbatas menggunalan model Problem Based Learning, guru telah merencanakan kegiatan pembelajaran sesuai sintaks yang disampaikan. Lalu guru membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk menunjang proses pembelajaran.

 

Sintaks Model Pembelajaran Problem Based Learning

 

Tahap

Perilaku Guru

Orientasi Peserta Didik pada Masalah

Guru memberikan pertanyaan mengenai benda dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan aliran air.

Guru menuntun siswa untuk berfikir tentang masalah yang  debit ada di lingkungan sekitar.

Dimanakah kita bisa melihat aliran air?

Bagaimana derasnya aliran air tersebut?

Bagaimana menghitung debit air keran?

Mengorganisasi siswa untuk belajar

 

 

Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok. Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi tentang LKPD yang sudah dibagikan.

Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

Guru memberikan kegiatan eksperimen menghitung debit dan membimbing siswa untuk menggunakan fitur sumber belajar dalam mencari informasi terkait materi debit yaitu berupa video pembelajaran. Guru memantau pelaksanaan dan membimbing siswa.

Mengembangk an dan menyajikan hasil karya

Guru membantu peserta didik dalam mengolah informasi/data yang diperoleh dan menyiapkan hasil karya yang tepat, berupa laporan perhitungan debit air keran.

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan



























 

2. Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik.

Dalam LKPD berisi langkah kerja siswa untuk melakukan eksperimen menghitung debit air keran. Agar siswa mampu menyelesaikan masalah yang diberikan. Link RPP Dan LKPD : https://drive.google.com/drive/folders/1z7TpvDKQ2Xb-3VQ0DyadUJmw2AggOLct?usp=sharing

 

 

E.  Hasil Pelaksanaan

Hasil yang dapat diperoleh dari Best Practice Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan Model Problem Based Learning  siswa kelas V Al Qahhar di SDS Soekarno Hatta Kotabumi sebagai berikut

1. Penggunaan portal Rumah Belajar memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran PTM. Fitur Sumber belajar yang dilengkapi  video pembelajaran membuat guru lebih mudah dalam melaksanakan penyampaian materi pembelajaran.

2.  Proses pembelajaran yang dilakukan PTM memanfaatkan Fitur Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan model Problem Based Learning  berlangsung aktif dan menyenangkan. Hal tersebut terbukti dari testimoni peserta didik dalam refleksi pembelajaran, senang belajar menggunakan portal rumah belajar dan ingin menggunakannya kembali.

 

F.   Masalah yang Dihadapi

Masalah yang dihadapi penulis ketika menerapkan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning yaitu:

1.  Siswa masih butuh bimbingan dalam penggunaan Portal Rumah Belajar terutama dalam mencari sumber belajar.

2. Butuh jaringan internet yang kuat, sehingga saat mengakses tidak terjadi pause saat pemutaran video pembelajaran pada Fitur Sumber belajar atau fitur lainnya

 

G.  Cara Mengatasi Masalah

Untuk mengatasi masalah yang dihadapi penulis ketika menerapkan pembelajaran Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar menggunakan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika adalah

1. Guru bisa memberikan video pembelajaran dari Fitur Sumber Belajar yang telah di download.

2.  Guru membimbing secara intensif penggunaan Portal Rumah Belajar.

 

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

 

A.    Kesimpulan

   Berdasarkan uraian di atas dapat kesimpulan sebagai berikut.

  1. Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Problem Based Learning dapat dilaksanakan dengan cara siswa mengakses Fitur Sumber Belajar sesuai dengan instruksi dari guru pada tahap ketiga yaitu membimbing penyelidikan individual maupun kelompok. Sebelumnya Guru menyiapkan kegiatan pembelajaran dengan RPP dan LKPD serta kebutuhan lain untuk pembelajaran. 
  2. Penggunaan portal Rumah Belajar memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran PTM. Fitur Sumber belajar yang dilengkapi video pembelajaran membuat guru lebih mudah dalam melaksanakan penyampaian materi pembelajaran.
  3. Kemudian Pemanfaatan Portal Rumah Belajar menggunakan Model Problem Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar

 

B.  Rekomendasi

Berdasarkan hasil best practice Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan Model Problem Based Learning dapat direkomendasikan sebagai berikut.

  1. Guru hendaknya lebih kreatif dalam merencanakan kegiatan pembelajaran serta memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah untuk membimbing siswa dalam memanfaatkan fitur sumber belajar.
  2. Siswa diharapkan untuk menerapkan keaktifan dan kemampuan berpikir terhadap setiap masalah yang dihadapi dan dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Siswa dapat menggunakan portal rumah belajar melalui fitur sumber belajar untuk mendapatkan informasi.
  3. Lembaga penyelenggara yaitu sekolah yang dipimpin oleh sekolah diharapkan untuk merekomendasikan penggunaan Portal Rumah Belajar bagi setiap pendidik, agar aktivitas pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan.

 

0 comments:

Posting Komentar